Friday, September 24, 2010

Silabus B. Inggris berkarakter


Silabus

Sekolah                        :  SMP Negeri 2 Sukaraja
Kelas / Semester         :  VII / 1
Mata Pelajaran            :  Bahasa Inggris
Standar Kompetensi  : 1.Mendengarkan
                                        Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
        lingkungan terdekat

Kompetensi
Dasar
MateriPokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  ber-interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : menyapa orang yang belum/
     sudah dikenal, mem-perkenalkan diri sen-diri / orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get
Contoh:
A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet     you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
Nice to meet    you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok

Contoh :
A :  Where’s the book?
B :  It’s there.
A :  Thank you.
B :  You’re.
·   Tanya jawab yang terkait dengan materi
·   Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang dengan berpikir kritis
·   Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang, secara cermat dan rasa ingin  tahu.
·   Menjawab / merespon pertanyaan,secara cermat dan sopan.



1.   Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi,ung-
    kapan terimakasih,   
      permintaan maaf,  
      kesantunan, secara kreatif
      dan cermat.
2.   memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi







Merespon ungkapan ungkapan

·   Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal secara cermat dan rasa ingin  tahu

·   Perkenalan diri sendiri / orang lain secara cermat dan sopan.

·   Perintah / larangan


Merespon ungkapan-ungkapan :
·       Meminta dan memberi informasi secara kreatif
dan cermat.
·       Ungkapan terima kasih secara kreatif
dan cermat.

·       Permintaan maaf
Tes lisan



Tes tertulis


Unjuk kerja

Merespon ungkapan lisan

Pilihan Ganda



Responding






Merespon pertanyaan / ungkapan lisan


Listen to the expressions and give your response.
·   A: Good morning.
   B:  .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
·   “Hi, I’m Yeny,... ....to meet  you
   a. Nice
   b. meet
   c. fine
   d. Thanks

·   Give it to me.

Listen to the questions / expression and give your answer / response.
A: How many persons are in
      the conversation?
 B: ............
 A: thank you so much.
2x40 menit
·   Script
·   Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)

Buku guru

Script percakapan tulis

Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film
·   Cermat
·   Berpikir kritis
·   Ingin tahu
·   sopan
Kompetensi
Dasar
MateriPokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
          things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang meng-gunakan ragam ba-hasa lisan sangat se-derhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  ber-iteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : meminta dan memberi infor-masi, mengucapkan terima kasih, memin-ta maaf, dan meng-ungkapkan kesan-tunan
       welcome.
A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.
A :  Please..!
B :  All right thanks
     
3.   mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi,ungkapan terima kasih, permintaan maaf dan kesantunan dengan berpikir kritis dan cermat.

4.   mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan  terkait.
 5.  menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan
·   Kesantunan













Tes lisan


Tes tulis

Melengkapi

B: ............






Listen to the questions / expressions and complete the sentences.
  A:could you open the door
     for me?
 B: .........

 A: Sorry I’m Late.
 B: .........







 2x40  menit


·  Kreatif
·  Cermat
·  Berpikir kritis





















Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
                                        Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


Contoh:
·   Keep clean !

·   Things to buy
-   Meat
-   Flour
-   Salt
-   Oil coconut

·   Congratulations !
·   Well done !
·   Bravo !

·   Announcement !
“ All the members of English Club gather on Saturday at 1 p.m”

1.     Tanya jawab yang terkait dengan materi dengan cermat
2.     Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang dengan kreatif dan inovatif
3.     Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi secara cermat.
4.     Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan secara kreatif dan inovatif.


·   merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
  
·         Instruksi
·         Daftar  benda / barang
·         (Shoping list )
·         Ucapan selamat
·         Pengumuman
Secara kreatif dan inovatif

·Tes lisan



·Unjuk kerja



·Tes tertulis

·Pertanyaan

·Respon
  tindakan

·Benar
  salah

·   A:What does Mrs Artini need ?
   B: ...............
·   Close the door, please !
·   Copy these sentences !

Listen to the statement and decide if the statement is True (T) or False (F)
·   Linda buys a bootle of coconut oil ...... (T / F)
etc

 4x40 menit

·   Script percaka
   pan

·   Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari

·   Bahan rekaman

·  Cermat
·  Kreatif dan inovatif
2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Contoh:

·   Congratulations !
·   Well done !
·   Bravo !

·   Announcement !
“ All the members of English Club gather on Saturday at 1 p.m”


1.     Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.

2.     Memperhatikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement

3.     Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait  secara cermat.

4.     Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi secara ulet dan teliti

5.     Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan secara kreatif dan inovatif

·         Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:

-   Instruksi
-   Shopping list
-   Greeting card
       -  Announcement

secara teliti dan cermat
Tes lisan













Tes tulis       









Unjuk kerja


  
Daftar pertanyaan



Game








Melengkapi

T/F

Pilihan ganda

Menjodoh
kan

 Respon tindakan


Listen and answer the questions orally!



Listen and mention as many shopping list items as you can remember






Listen and fill in the blank spaces
Write down T/F for the statements
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d

Match the statements in list A and B

Listen the instruction and do it!


4x40 menit
 Script teks funsional pendek lisan
Dari buku teks

Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata

Rekaman



·  Cermat
·  Ulet
·  Teliti
·  Kreatif dan inovatif
·  Rasa ingin tahu
·  Bersahabat\













Standar Kompetensi : 3. Berbicara
                       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperke-nalkan diri sendiri / orang lain, dan meme-rintah atau melarang
Contoh:
A :   Good morning
        How Are you?
B :   Fine thanks.

A :   Hi, I’m Rani
B :   Hello, I’m Nina.

A :   Go away !
B :   Okay.
A :   Don’t be Noisy
B :   I won’t.
1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
2.     Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi dengan berpikir logis dan kritis.
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog dengan kerja keras dan percaya diri.
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata dengan percaya diri, kreatif dan inovatif.
·         Mengungkap
·         kan berbagai tindak tutur:
-       Menyapa yang belum/su
      dah dikenal b dengan percaya diri, kreatif dan inovatif.
-       Memperke
      nalkan diri   
           sendiri/orang
           lan dengan percaya diri, kreatif dan inovatif. .
-       Memerintah/
Melarang dengan percaya diri, kreatif dan inovatif.
§ Tes
   Lisan



§ Un
   juk    
   kerja
pertanyaan




Performan
ce
·   Answer the questions orally!






·   Perform the dialogue in  front of the class!
2x40 menit
·   Script percakapan

·   Buku teks yang relevan


·   Alat peraga
·   Berpikir logis dan kritis
·   Kerja keras
·   Percaya diri
·   Kreatif dan inovatif
·   Bersahabat/komunikatif
3.2  Melakukan interaksi
         dengan lingkungan      terdekat yang melibat-kan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan


Contoh :
A.     Where is it ?
B.     It’s here.

A.     Thanks a lot.
B.     You’ re
      Welcome.

A.     I’ m sorry.
B.     It’s Okay.

A. Please,
    come in.
B. Thank you.


1.     Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan
2.     Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tata- bahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan dengan berpikir logis dan kritis
3.     Mendengarkan model per-cakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan dengan ulet dan kreatif.
4.     Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman
5.     Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas tapi sopan dan kreatif.
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :

·   Meminta dan memberi informasi secara bebas tapi sopan dan kreatif.

·   Mengucapkan terima kasih secara sopan .


·   Meminta maaf secara bebas tapi sopan dan kreatif.


2. Mengungkapkan kesantunan secara sopan.





§ Tes
   lisan     


§ unjukk
   kerja





Tanya jawab











Bermain peran



Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture


Perform a role play with your friend about asking and giving information


 4x40 menit

 Script percakapan

Buku teks berisi percakapan

 Alat peraga




·  Logis
·  Kritis
·  Ulet
·  Kreatif
·  Sopan

No comments:

Post a Comment