Silabus
Sekolah : SMP Negeri 2 Sukaraja
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | MateriPokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : menyapa orang yang belum/ sudah dikenal, mem-perkenalkan diri sen-diri / orang lain, dan memerintah atau melarang 1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get | Contoh: A : Good morning How are you ? B : Fine Thanks. Nice to meet you A : Hello, I’ Nina B : Hi, I’m Reny Nice to meet you A : Don’t do that B : No. I won’t A : Stop it B : Ok Contoh : A : Where’s the book? B : It’s there. A : Thank you. B : You’re. | · Tanya jawab yang terkait dengan materi · Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang dengan berpikir kritis · Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang, secara cermat dan rasa ingin tahu. · Menjawab / merespon pertanyaan,secara cermat dan sopan. 1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi,ung- kapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan, secara kreatif dan cermat. 2. memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi | Merespon ungkapan ungkapan · Sapaan orang yang sudah / belum dikenal secara cermat dan rasa ingin tahu · Perkenalan diri sendiri / orang lain secara cermat dan sopan. · Perintah / larangan Merespon ungkapan-ungkapan : · Meminta dan memberi informasi secara kreatif dan cermat. · Ungkapan terima kasih secara kreatif dan cermat. · Permintaan maaf | Tes lisan Tes tertulis Unjuk kerja | Merespon ungkapan lisan Pilihan Ganda Responding Merespon pertanyaan / ungkapan lisan | Listen to the expressions and give your response. · A: Good morning. B: ....................... Listen to the expressions and choose the best option. · “Hi, I’m Yeny,... ....to meet you a. Nice b. meet c. fine d. Thanks · Give it to me. Listen to the questions / expression and give your answer / response. A: How many persons are in the conversation? B: ............ A: thank you so much. | 2x40 menit | · Script · Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD) Buku guru Script percakapan tulis Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film | · Cermat · Berpikir kritis · Ingin tahu · sopan |
Kompetensi Dasar | MateriPokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang meng-gunakan ragam ba-hasa lisan sangat se-derhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-iteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : meminta dan memberi infor-masi, mengucapkan terima kasih, memin-ta maaf, dan meng-ungkapkan kesan-tunan | welcome. A : I’m sorry. B : it,s okay. A : Please..! B : All right thanks | 3. mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi,ungkapan terima kasih, permintaan maaf dan kesantunan dengan berpikir kritis dan cermat. 4. mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait. 5. menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan | · Kesantunan | Tes lisan Tes tulis | Melengkapi | B: ............ Listen to the questions / expressions and complete the sentences. A:could you open the door for me? B: ......... A: Sorry I’m Late. B: ......... | 2x40 menit | · Kreatif · Cermat · Berpikir kritis |
Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok / Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Contoh: · Keep clean ! · Things to buy - Meat - Flour - Salt - Oil coconut · Congratulations ! · Well done ! · Bravo ! · Announcement ! “ All the members of English Club gather on Saturday at 1 p.m” | 1. Tanya jawab yang terkait dengan materi dengan cermat 2. Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang dengan kreatif dan inovatif 3. Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi secara cermat. 4. Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan secara kreatif dan inovatif. | · merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa: · Instruksi · Daftar benda / barang · (Shoping list ) · Ucapan selamat · Pengumuman Secara kreatif dan inovatif | ·Tes lisan ·Unjuk kerja ·Tes tertulis | ·Pertanyaan ·Respon tindakan ·Benar salah | · A:What does Mrs Artini need ? B: ............... · Close the door, please ! · Copy these sentences ! Listen to the statement and decide if the statement is True (T) or False (F) · Linda buys a bootle of coconut oil ...... (T / F) etc | 4x40 menit | · Script percaka pan · Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari · Bahan rekaman | · Cermat · Kreatif dan inovatif |
2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Contoh: · Congratulations ! · Well done ! · Bravo ! · Announcement ! “ All the members of English Club gather on Saturday at 1 p.m” | 1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement. 2. Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement 3. Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait secara cermat. 4. Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi secara ulet dan teliti 5. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan secara kreatif dan inovatif | · Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa: - Instruksi - Shopping list - Greeting card - Announcement secara teliti dan cermat | Tes lisan Tes tulis Unjuk kerja | Daftar pertanyaan Game Melengkapi T/F Pilihan ganda Menjodoh kan Respon tindakan | Listen and answer the questions orally! Listen and mention as many shopping list items as you can remember Listen and fill in the blank spaces Write down T/F for the statements Choose the best answer by crossing a, b, c, or d Match the statements in list A and B Listen the instruction and do it! | 4x40 menit | Script teks funsional pendek lisan Dari buku teks Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata Rekaman | · Cermat · Ulet · Teliti · Kreatif dan inovatif · Rasa ingin tahu · Bersahabat\ |
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok / Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
3.1 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperke-nalkan diri sendiri / orang lain, dan meme-rintah atau melarang | Contoh: A : Good morning How Are you? B : Fine thanks. A : Hi, I’m Rani B : Hello, I’m Nina. A : Go away ! B : Okay. A : Don’t be Noisy B : I won’t. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi. 2. Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan. 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi dengan berpikir logis dan kritis. 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog dengan kerja keras dan percaya diri. 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata dengan percaya diri, kreatif dan inovatif. | · Mengungkap · kan berbagai tindak tutur: - Menyapa yang belum/su dah dikenal b dengan percaya diri, kreatif dan inovatif. - Memperke nalkan diri sendiri/orang lan dengan percaya diri, kreatif dan inovatif. . - Memerintah/ Melarang dengan percaya diri, kreatif dan inovatif. | § Tes Lisan § Un juk kerja | pertanyaan Performan ce | · Answer the questions orally! · Perform the dialogue in front of the class! | 2x40 menit | · Script percakapan · Buku teks yang relevan · Alat peraga | · Berpikir logis dan kritis · Kerja keras · Percaya diri · Kreatif dan inovatif · Bersahabat/komunikatif |
3.2 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan | Contoh : A. Where is it ? B. It’s here. A. Thanks a lot. B. You’ re Welcome. A. I’ m sorry. B. It’s Okay. A. Please, come in. B. Thank you. | 1. Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan 2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tata- bahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan dengan berpikir logis dan kritis 3. Mendengarkan model per-cakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan dengan ulet dan kreatif. 4. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman 5. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas tapi sopan dan kreatif. | 1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal : · Meminta dan memberi informasi secara bebas tapi sopan dan kreatif. · Mengucapkan terima kasih secara sopan . · Meminta maaf secara bebas tapi sopan dan kreatif. 2. Mengungkapkan kesantunan secara sopan. | § Tes lisan § unjukk kerja | Tanya jawab Bermain peran | Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture Perform a role play with your friend about asking and giving information | 4x40 menit | Script percakapan Buku teks berisi percakapan Alat peraga | · Logis · Kritis · Ulet · Kreatif · Sopan |
No comments:
Post a Comment